Bagaimana cara untuk disukai banyak orang

B

Dalam artikel kali ini kita akan membedah buku karangan Dale Carniege yang berjudul “How to win friends and influence people“, buku ini salah satu best seller di Amazon.com, dalam buku ini berisi tentang tips bagaimana cara untuk disukai banyak orang baik dalam hal pertemanan maupun dalam segi bisnis.

Okay, langsung aja kita simak tips dari Dale Carnegie ini.

Bagaimana cara untuk disukai banyak orang?

If you want to others to like you, don’t critize them

Seorang pilot pesawat terbang bernama Bob Hoover kembali dari sebuah atraksi pesawat terbang dikarenakan kedua mesin pesawatnya rusak mendadak saat terbang.  Beruntungnya dia masih selamat dari kejadian itu karena kemahirannya mendaratkan pesawat.  Setelah diselidiki ternyata kegagalan mesin itu disebabkan oleh kesalahan mekanik pesawatnya dalam mengisi bahan bakar, pesawat propeller itu malah diisi dengan bahan bakar pesawat jet.

Setelah sampai di airport, dia bertemu dengan mekanik pesawat itu. Mekanik yang masih muda itu sangat sedih akibat kesalahannya dia bisa menyebabkan orang lain terluka, dan pesawatnya rusak. Alih-alih mencaci maki mekanik itu, Bob Hoover sang pilot malah tetap mempercayai mekanik itu untuk mempersiapkan pesawatnya di keesokan harinya. Kenapa sang pilot melakukan itu?

Dalam hal ini mengkritik mereka tidak akan merubah kebiasaan mereka, karena manusia biasanya tidak akan termotivasi oleh sebuah alasan, namun manusia memakai perasaan. Ketika seseorang dikritik kebanyakan mereka akan merasa diserang, dan respon yang dilakukan biasanya adalah dengan defensive ataupun menyerang balik.

Benjamin Franklin pernah berkata salah satu cara untuk sukses adalah dengan “Speak ill of no man“, yang artinya jangan pernah bicara atau membahas kejelekan atau kesalahan orang lain.

if you want others to do you favors, show your apPreciation frequently and make them feel important

Salah satu keinginan paling kuat dalam diri manusia adalah ingin untuk dipuji atau menjadi perhatian oleh orang-orang disekitarnya, terutama dalam hal pekerjaan. Salah satu contoh ketika seorang karyawan bekerja sangat giat karena dia tahu di akhir tahun akan ada reward bagi karyawan yang produktif. Mereka dengan semangatnya akan melakukan berbagai hal untuk menunjukkan dirinya produktif dan layak mendapatkan award itu. Keinginan ini juga bisa mendorong orang untuk melakukan apapun demi impian yang ingin dicapainya itu.

Ketika kita ingin seseorang melakukan sesuatu untuk kita, apa yang harus kita lakukan adalah selalu mengapresiasi semua hal yang dilakukannya, baik dari hal-hal kecil atapun besar. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan cara mengapresiasi atas apa yang telah dilakukannya. Untuk membuat orang lain merasa penting, selalu tanamkan mindset bahwa dari setiap orang pasti akan ada hikmah yang bisa diambil. Selain itu juga bisa memakai Golden Rule “treat others as you would like other to treat you”.

If you wanT to make a good first impression, Smile

Ketika kita bertemu dengan seseorang dan orang itu tersenyum kepada kita, secara otomatis kita akan cenderung menyukai orang itu. Contoh lain adalah saat melihat bayi tersenyum, kita akan merasa seperti enjoy dan menyentuh hati kita untuk menyukai bayi itu. sehingga, kalau kita ingin disukai oleh orang lain, cara yang paling gampang adalah dengan tersenyum kepada mereka.

Ketika ada teman yang bertemu dengan kita, dan kita menunjukkan rasa bahagia kita ketika bertemu dengannya dengan sebuah senyuman, itu secara tidak langsung akan menyiratkan bahwa kita senang bertemu dengannya. Sehingga teman kita tersebut akan membalas dengan hal yang sama.

Melakukan hal-hal simpel seperti dengan tersenyum ini sangat mendorong hidup kita menjadi lebih positif, dan menyiratkan bahwa kita adalah orang yang cheerful dan asik, sehinga akan mendorong orang lain untuk suka berinteraksi dengan kita.

a person’s name is the sweetest sound they know

Theodore Roosevelt terkenal dimata karyawannya karena dia mempunyai kebiasaan menyapa semua staf-nya dengan nama mereka. Dia juga seringkali meluangkan waktunya untuk mendengarkan cerita dari staf-nya dan berusaha mengingat apa yang terakhir staf itu ceritakan. Sehingga ketika dia berbicara lagi dengan staf itu dia mempunyai bahan pembicaraan yang menyangkut orang itu, misalnya seorang manajer membuka obrolan lagi dengan staf nya dengan menanyakan kabar anak staf itu yang di obrolan sebelumnya sedang sakit. Jadi salah satu cara untuk mencuri hati orang lain adalah dengan cara menghafal namanya saat pertama kali ketemu dan mengingat obrolan yang terakhir kali dibicarakan.

Napoleon ketiga seorang ksatria Perancis juga mengatakan bahwa ada beberapa tehnik yang dia lakukan untuk menghapal nama orang-orang yang dia temui. Caranya antara lain :

  •  Pastikan kita mengingat nama orang yang kita temui itu saat pertama kali bersalaman, jika perlu tanyakan kembali namanya sampai jelas dan kita mengulang menyebutkan namanya tersebut sehigga nempel dipikiran kita.
  • Ketika orang itu tidak ada di dekat kita, kita bisa menulisakan namanya di sebuah catatan, dengan mengasosiasikan dengan ciri-ciri orang tersebut, contoh: Rudi tinggi baju merah.
  • Ingat-ingat terus nama orang-orang yang sudah kita tulis, dan ketika ngobrol kita serinng menyebutkan nama dia sehingga kita semakin hafal

Orang lain akan merasa di apresisasi ketika kita ingat nama orang tersebut sejak awal pertemuan. Selanjutnya bisa dikembangkan dengan mencari tahu tanggal lahirnya atau kesukaannya supaya kita bisa menggunakan itu untuk tetap menjalin komunikasi.

If you want to be interesting yourself, be a good listener who is genuinely interested in others

Manusia selalu tertarik dan antusias saat menceritakan tentang dirinya sendiri, sehingga kita suka terhadap orang-orang yang  menceritakan suatu hal yang sesuai dengan ketertarikan kita. Jika kita ingin lebih disukai orang lain sebaiknya kita stop bercerita tentang diri kita sendiri, dan mulai mendengarkan cerita lawan bicara kita dan mendorong dia untuk berbicara lebih tentang kesukaannya.

Sebagai pendengar yang baik berarti kita memberikan perhatian penuh saat lawan bicara kita sedang bercerita, dan melakukan afirmasi terhadap ceritanya. Misalnya dengan berkata, “oh iya gitu yaa… terus”. Dengan cara seperti ini lawan bicara kita akan merasa dia menjadi pusat perhatian, dan mereka menyukai itu.

Di lain sisi, saat kita lebih banyak bercerita tetang diri kira sendiri itu akan menunjukkan bahwa kita gagal untuk mendengarkan atau memberikan kesempatan lawan bicara kita untuk bercerita, dan yang seperti ini akan mengisaratkan bahwa kita hanya ingin menjadi pusat perhatian. Sehingga yang sebaiknya dilakukan adalah memberikan lawan bicara kita kesempatan bercerita, berikan dia pujian, berceritalah yang sesuai dengan ketertarikannya. Cara ini akan sangat efektif untuk menguatkan koneksi dengan lawan bicara kita. Ketika koneksi itu itu telah terbangun maka mereka akan mau mendengarkan apa yang kita ceritakan di kemudian hari.

You can make more friends in two months by becoming interested in other people than you can in two years by trying to get other people interested in you.

– Dale Carnegie

About the author

Salman Farozi
Salman Farozi

Founder kodebisnis.com, mahasiswa Magister Administrasi Bisnis Institut Teknologi Bandung.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Salman Farozi By Salman Farozi

Recent Posts

Recent Comments

Temukan kami disini:

Categories

Archives