Perencanaan Keuangan Part 1

P

Perencanaan keuangan merupakan hal mendasar yang perlu diketahui dalam menyikapi secara bijaksana perubahan globalisasi yang berdampak terhadap salah satunya yang paling besar yaitu gaya hidup. Tanpa dipungkiri, pergeseran penggunaan prioritas keuangan dari “apa yang dibutuhkan” menjadi “apa yang diinginkan” guna memenuhi tuntutan gaya hiduplah yang membuat hal tersebut menjadi berantakan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas satu persatu cara membuat perencanaan keuangan.

Mindset

Sebelum jauh membahas perencanaan keuangan, mari menyamakan persepsi terlebih dahulu. Perencanaan keuangan menurut CISI adalah proses berkelanjutan untuk menentukan pilihan keuangan yang akan membantu meraih tujuan hidup. Hal ini bertujuan untuk mengatur keseimbangan pemasukan serta pengeluaran, mempersiapkan kehidupan berjenjang, dan mencapai kebebasan finansial.

Screening

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencatat tiga bulan berturut-turut pengeluaran bulanan anda, ini untuk mengetahui dimana kondisi keuangan. Tidak perlu detail cukup dibagi menjadi 3 kategori utama

  1. Tabungan
  2. Pengeluaran Kebutuhan
  3. Pengeluaran Keinginan

Sebagai contoh, pengeluaran bensin, makanan, pulsa, buku, dan sebagainya dimasukkan kedalam “pengeluaran kebutuhan” atau dalam kata lain jika hal tersebut tidak terpenuhi akan menghambat kegiatan/kehidupan sehari-hari. Sementara jika hal tersebut tidak terpenuhi dan kegiatan/kehidupan sehari-hari masih bisa terlaksana berarti pengeluaran tersebut dikategorikan dalam “pengeluaran keinginan” contoh seperti tas, sepatu, baju, gadget dan hal lainnya. Setelah mengetahui kondisi keuangan anda selanjutnya mari menganalisanya;

A. Income outcome

Ketahuilah bagaimana kondisi keuangan anda, terdapat tiga kategori berserta saran yang anda harus lakukan untuk mencapai tingkatan teratas.

1. Income < Outcome

Jika kondisi keuangan anda berada ditahap ini ada beberapa hal yang anda harus lakukan yaitu :

  1. Meningkatkan income salah satunya dengan berbisnis
  2. Menurunkan gaya hidup dengan mengurangi kegiatan ataupun pengeluaran yang tidak diperlukan (the rule : jika hal tersebut tidak terpenuhi dan kegiatan/kehidupan sehari-hari masih bisa terlaksana artinya pengeluaran tersebut tidaklah dibutuhkan).
  3. Mengatur keuangan (akan dibahas lebih lengkap dikolom perencanaan keuangan)

2. Income = Outcome

Jika kondisi keuangan anda berada ditahap ini ada beberapa hal yang anda harus lakukan yaitu :

  1. Meningkatkan income
  2. Mempertahankan gaya hidup sederhana
  3. Mengatur keuangan

3. Income > Outcome

Jika kondisi keuangan anda berada ditahap ini ada beberapa hal yang anda harus lakukan yaitu :

  1. Mempertahankan gaya hidup sederhana
  2. Mengatur keuangan
  3. Memproteksi keuangan berupa asuransi kesehatan dan jiwa
  4. Mendistribusikan keuangan pada bagian pendidikan, pensiun, tabungan darurat, traveling maupun biaya naik haji
  5. Mengakumulasi keuangan berupa invetasi

B. Konsep Menabung

Mulailah mempunyai kebiasaan menabung seperti tipe B diatas, dengan anda terbiasa menabung terlebih dahulu dan membelanjakan sisanya akan membantu anda mencapai kestabilan finansial. Berikut contoh alokasi dana dari uang yang anda simpan kedalam tabungan:

Piramida berjenjang, tahapan pertama (berwarna hijau) bagian ini wajib kita penuhi terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya (biru hingga merah). Anda bisa mengatur income-outcome dan selanjutnya mengalokasikan dana anda mula-mula dengan menabung untuk kesehatan dan jiwa selanjutnya pendidikan, tabungan darurat, pensiun, dan investasi. Ada beberapa yang memodifikasi menjadi segiempat, berikut contohnya:

Ataupun anda dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan anda. Besaran persen bagian untuk tiap kebutuhan ditentukan sesuai skala prioritas anda yang pasti adalah kebutuhan yang berwarna hijau harus lebih besaran persennya dibandingkan kebutuhan yang berwarna biru dan seterusnya, sebagai contoh tabungan kesehatan 30% dari dana tabungan sedangkan traveling hanya 20% dari dana tabungan. Selain itu, bentuk tabungan kesehatan ataupun jiwa juga dapat berupa asuransi yang ditawarkan pemerintah ataupun pihak swasta. Bentuk tabungan tidak harus selalu berupa deposito, dapat juga berupa mata uang asing, logam mulia (baca disini), perhiasan, dan properti (hal ini akan dibahas lebih mendalam di artikel selanjutnya).

Perencanaan Keuangan

First thing first

Dalam mengatur keuangan ada cara mudah yang dapat diikuti banyak orang dengan pembagian alokasi dana seperti berikut

Pengaturan keuangan berdasarkan gaji merupakan hal paling relevan, sebagai contoh gaji 1x UMR mengalokasikan dananya 70% untuk kebutuhan, dan 30% nya untuk ditabung, dan seterusnya. Disarankan bagi anda untuk menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu. Setelah itu bayarlah tagihan anda, apakah itu berupa tagihan pulsa bulanan, tagihan listrik, tagihan air, tagihan asuransi kesehatan, hutang anda, atau hal lainnya. Kemudian aturlah pengalokasian dana anda untuk kebutuhan anda sehari-hari seperti makan atau kebutuhan belanja bulanan. Dan yang terakhir sisakan untuk pengeluaran keinginan, jika pengalokasian dana tidak mencukupi untuk membeli satu barang, tunggulah sampai dana yang anda miliki cukup untuk membeli barang tersebut.

Lanjut Part 2

Credits:

Photo 1

Photo 2

Photo 3

Photo 4

About the author

Avatar
Gwendry Ramadhany

Seorang dokter dan didalam darahnya terdapat bakat wirausaha yang mengalir deras

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
urfaPembukuan Kas Keluarga - Cash Flow - kodebisnis.com Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Cash flow merupakan pencatatan arus keuangan yang masuk dan keluar dari suatu usaha setiap bulannya. Istilah cash flow sendiri lebih familiar dikalangan pebisnis dibandingkan perseorangan, akan tetapi sistem ini dapat diadaptasi dan diterapkan dalam perencanaan keuangan keluarga yang biasa disebut sebagai pembukuan kas keluarga. (Perencanaa keuangan keluarga dibahas dalam artikel ini) […]

urfa
Guest
urfa

wooohoooooouuu! best!

Recent Posts

Recent Comments

Temukan kami disini:

Categories

Archives